Sukses Lattek Pelayaran WJY XX TA 2023, Siswa Kodiklatal Kembali Ke Home Base

  • Whatsapp

Surabaya, Komposisinews.com – Sukses melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Wira Jala Yudha (WJY) Tahun 2023, Siswa Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang terdiri dari Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII/2 TA. 2022 kembali ke Home Base, atau pangkalan di Surabaya setelah berlayar sejak tanggal 28 April 2023.

Di bawah komando Danpusdiklapa Kolonel Laut (P) Ari Krisdiyanto selaku Palaklattek, kepulangan ribuan siswa Kodiklatal tersebut disambut Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal Laksma TNI Sigit Santoso mewakili Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dalam upacara penyambutan Satgas WJY XX di Dermaga Madura Ujung Surabaya. Kamis, (4/5/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Dankodiklatal yang dibacakan oleh Dankodikopsla menyampaikan bahwa, serangkaian kegiatan dalam perjalanan Lattek Layar telah berhasil dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan dengan beban yang diberikan kepada siswa sesuai kejuruannya. “Kita wajib bersyukur atas keberhasilan ini, tuntutan kecepatan dan kebenaran dalam menyelesaikan tugas, dibutuhkan kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu, besar harapan para siswa semakin bersemangat untuk menyelesaikan tugas belajar dan berlatih setelah kembali ke Pusdik masing-masing,” ungkap Dankodiklatal.

Sebagai motivasi, Dankodiklatal juga menyampaikan sebuah pepatah yaitu “Sebuah kapal perang di pelabuhan akan aman dan terlihat gagah serta berwibawa, tetapi bukan itu filosofi kapal perang dibangun. Kapal perang dibangun untuk menjaga dan melindungi teritorial sebuah negara, yang diawaki oleh pelaut-pelaut yang handal dan tangguh walaupun harus terombang-ambing di dalam badai samudera”.

“Selaku Komandan Kodiklatal, saya ucapkan selamat datang kembali di Surabaya, semoga Lattek pelayaran selama sepekan ini menjadi pengalaman dan bekal yang berharga bagi penugasan para siswa nanti setelah menyelesaikan program pendidikan di Kodiklatal. Segala upaya kita untuk menyiapkan prajurit Jalasena yang profesional, modern dan tangguh, dapat kita wujudkan guna memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam mencapai kesiapan dan kesiagaan yang tinggi untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AL,” kata pati berbintang tiga Marinir tersebut.

Dankodiklatal juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangkoarmada II, Komandan KRI Makassar–590 dan Komandan KRI Surabaya–591, atas dukungannya dalam program Lattek Pelayaran Gabungan Siswa Kodiklatal “Wira Jala Yudha XX tahun 2023” ini. Begitupula disampaikan Kepada Direktur dan Perwira Pelaksana Lattek beserta seluruh jajaran instruktur, pembimbing siswa dan para pendukung satgas lattek, atas segala upaya dan kerja kerasnya, sehingga program lattek ini dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

Turut hadir dalam penyambutan Satgas WJY XX yakni Komandan Kodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo, Askomlek Kormada II, Dansatfib Koarmada II, Dandenma Koarmada II, Para Komandan Puslat, Para Komandan Pusdik, serta Para Komandan Sekolah jajaran Kodiklatal.

(NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *