Dirlat Sampaikan Briefing Wasdal dan Penilai Latihan Armada Jaya 41 Tahun 2023

  • Whatsapp

Surabaya, Komposisinews.com – Direktur Latihan (Dirlat) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Brigjen TNI Marinir Widodo menyampaikan briefing awal Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono kepada wasit, pengendali dan penilai Latihan Armada Jaya (AJ) ke- 41 Tahun 2023, bertempat di Gedung Sudomo JOPR Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis, (8/6/2023).

Dalam amanat Dankodiklatal yang dibacakan Dirlat Kodiklatal mengatakan bahwa, latihan Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI Angkatan Laut yang menggabungkan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam penyelenggaraan Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin dan Kogasgabhantai melaksanakan operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi pertahanan pantai dengan didukung operasi dukungan Intelejen, operasi dukungan Informasi dan operasi dukungan Passus.

Bacaan Lainnya

Latihan Armada Jaya ke-41 kali ini juga akan melatihkan Kogab TNI dan Komando Samping Kotama Ops TNI Pushidrosal sebagai pelaku latihan, sehingga tingkat latihan yang akan dilaksanakan dengan 2 tingkat pelaku Latihan Posko. “Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan dan Staf Komando Gabungan TNI, Komando Tugas Gabungan dan Komando Samping Kotama OPS TNI dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan kampanye militer,” ujar Letjen TNI Marinir Suhartono dalam amanat tertulisnya.

Dankodiklatal selaku Dirlat AJ meneruskan perintah dari pimpinan TNI Angkatan Laut agar dalam melaksanakan latihan menghindari kerugian personel dan material yang sia-sia, serta berharap kepada para wasit, pengendali dan penilai latihan tidak memandang latihan ini sekedar rutinitas tahunan, namun ikut berperan secara aktif menyempurnakan konsep peperangan saat ini, sehingga latihan ini dapat mengoptimalkan peran TNI Angkatan Laut dalam menghadapi peperangan modern yang selalu berkembang.

“Keberhasilan latihan ini tidak semata – mata dilihat dari hasil produk latihan, namun dari semangat, kesungguhan, serta yang paling penting adalah pemahaman terhadap esensi dari proses pengambilan keputusan itu sendiri, sekaligus evaluasi serta koreksi terhadap langkah dan jalannya latihan Armada Jaya kali ini,” tegas Dirlat Kodiklatal mengutip amanat Dankodiklatal.

Selain Briefing Wasdal dan Penilai yang diikuti secara langsung maupun virtual oleh Kotama-Kotama TNI AL dan Satuan Kerja di lingkungan Mabesal, juga dilaksanakan paparan yang disampaikan oleh Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Dadang Somantri serta Dankolat Koarmada RI Laksma TNI Endra Hartono. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *