Handal Rencanakan Operasi Militer, Pasis Diklapa Kodiklatal Angkatan 32 Gelar Lattek Oyu Operasi Laut Gabungan

  • Whatsapp

Surabaya, Komposisinews.com – Sebanyak 33 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-32 tahun 2023 menggelar Latihan Praktek (Lattek) Olah Yudha Operasi Laut Gabungan (Oyu Opslagab) yang dilaksanakan di Kelas A Gabungan Sefung , Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa), Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Bumimoro Surabaya, Senin (12/6/2023).

Mengusung tema “Kogab TNI Melaksanakan Opslagab, Opsfib, Opsratmin dan Opshantai Dengan Didukung Opsduk Intelijen Operasi Wilayah Indonesia dan Opsduk Passus di Mandala Indonesia Tengah Bagian Selatan dan Wilayah Indonesia Timur Bagian Utara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”, kegiatan ini dibuka langsung oleh Komandan Kodikopsla Laksma TNI Dadang Somantri.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Dankodikopsla menyampaikan bahwa Lattek Oyu tersebut digelar dengan tujuan memberikan pengalaman praktek kepada para perwira siswa baik sebagai Komandan maupun Perwira Staf , dalam suatu kegiatan operasi tingkat gugus tugas dalam kegiatan proses perencanaan operasi militer khususnya dalam operasi gabungan.

“Suatu perencanaan yang baik merupakan bekal utama pelaksanaan operasi nantinya. Operasi (militer) akan berjalan lancar apabila perencanaan dilaksanakan dengan cermat, teliti dan matang dengan mempertimbangkan segala faktor-faktor yang mempengaruhinya, “ terang Laksma Dadang Somantri.

“Perlu juga diingat jika musuh dalam melakukan aksinya juga melakukan perencanaan militer. Karena itu gunakanlah taktik-taktik tempur yang tepat serta kembangkan operasi-opersai bantu dengan baik sehingga operasi utama akan telak memukul lawan, “ jelas Dankodikopsla.

Lebih lanjut Dankodikopsla menegaskan agar olah yudha gabungan ini dilaksanakandengan penuh kesungguhan dan semangat, sehingga benar-benar menjadi pengalaman yang bermanfaat sebelum diterjunkan di lapangan penugasan. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *