Dankodiklatal Pimpin Upacara Parade dan Defile HUT Penerbangan TNI AL ke – 67

  • Whatsapp

Sidoarjo, Komposisinews.com – Selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Komando Pembinaan Doktrin dan Pendidikan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono mewakili Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara parade dan defile dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Penerbangan TNI Angkatan Laut yang hari ini berusia 67 tahun.

Mengangkat tema,
“Penerbangan TNI Angkatan Laut Patriot NKRI Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, HUT Penerbangan TNI AL ke – 67 dilaksanakan di Apron Hanggar Lanudal Juanda, pada Sabtu, (17/06/2023), dengan Komandan Upacara (Danup) Letkol laut (P) Tatang Yanuar Ristanto yang kesehariannya menjabat Danlanudal Manado.

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Kasal yang dibacakan Dankodiklatal menyampaikan bahwa, sejarah panjang Penerbangan TNI Angkatan Laut merupakan jejak perjalanan yang mengagumkan dalam perjuangan dan pengabdian untuk menjaga kedaulatan laut Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut dimulai dari pembentukan Dinas Penerbangan TNI Angkatan Laut pada tahun 1956, yang saat ini menjadi Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut.

“Sebagai garda terdepan pertahanan maritim di udara, Penerbangan TNI Angkatan Laut terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Sebagai mata, telinga, serta kepanjangan tangan KRI dan Pasukan Marinir. Puspenerbal berperan penting dalam menentukan kemenangan pertempuran dan menjaga keselamatan pasukan kawan,” ujar Letjen TNI Marinir Suhartono meneruskan amanat Kasal.

Lebih jauh Kasal mengatakan bahwa membangun kekuatan penerbangan
angkatan laut bukanlah tugas yang mudah dan instan, tetapi dibutuhkan investasi jangka panjang terkait modernisasi, pemeliharaan, serta infrastruktur pendukung penerbangan lainnya. Yang mana, hal tersebut telah menjadi salah satu program prioritas kita bersama. Untuk itu setiap prajurit Puspenerbal dituntut senantiasa berlatih dan mengasah keterampilan, demi meningkatkan kemampuan operasional dan siap menghadapi tantangan di masa depan yang tidak dapat di prediksi.

Dihadiri Forkopimda Jatim, petinggi TNI-Polri baik dari Mabesal maupun Kotama di Surabaya, dan Ibu-Ibu Jalasenastri serta undangan lainnya. Acara ini juga dimeriahkan penampilan demonstrasi Genderang Suling Gita Jala Taruna, Bonansa Rajawali Flight, Ranger Flight
serta Parade Defile. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *