Dankodiklatal Tinjau Pelaksanaan TFG Jelang Manuver Lapangan Latihan Armada Jaya XLI TA 2023

  • Whatsapp

Surabaya, Komposisinews.com – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono selaku Direktur Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 , berkesempatan meninjau Pelaksanaan Uji Konsep Rencana Operasi (RO) dengan metode Tactical Floor Game (TFG) yang berlangsung di Gedung TFG Puslatopsla Bumimoro Surabaya, Selasa (20/6/2023).

Pelaksanaan uji RO tersebut juga ikut dihadiri oleh para Peninjau diantaranya Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah, Kaskoarmada RI Laksda TNI Didong Rio D.P.K, serta Kadisopslatal Laksma TNI Sigit Santoso.

Bacaan Lainnya

Tactical Floor Game (TFG) e-Geladi Posko diikuti oleh seluruh Komando Tugas Gabungan (Kogasgab) dan Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) yang terlibat dalam Latihan Armada Jaya XLI TA 2023. TFG sendiri merupakan tahapan dalam Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) yang bertujuan untuk menguji konsep Rencana Kampanye Militer Kogab TNI yang selaras dengan Rencana Operasi Kogasgab dan Satgasduk serta memberikan gambaran tentang Pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) nantinya.

Dipimpin oleh Kaskoarmada RI Laksda TNI Didong Rio selaku Kaspangkogab TNI mewakili Pangkogab TNI , masing-masing Kogasgab dan Satgasduk mengikuti dan memerankan setiap kegiatan waktu perwaktu menit permenit, sehingga diperoleh gambaran situasi sebenarnya di lapangan nanti. Disela-sela waktu tersebut juga dibuka forum pertanyaan untuk memberikan kejelasan kepada seluruh peserta TFG.

Dalam Latihan AJ XLI/2023 memainkan empat operasi gabungan utama TNI terdiri dari Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab) yang diperankan oleh Koarmada I, Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) diperankan oleh Koarmada II, Pasukan Pendarat (Pasrat) diperankan oleh Korps Marinir, Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) diperankan oleh Kolinlamil dan Komando Tugas Gabungan Pertahanan Pantai (Kogasgabhantai) A yang diperankan oleh Lantamal IV , dan Kogasgabhantai B yang diperankan oleh Lantamal XIV serta Satuan Tugas Dukungan Intel (Satgasduk Intel), Satuan Tugas Dukungan Informasi (Satgasduk Info) dan Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgasdukpasus) yang diperankan oleh unsur pelaksana jajaran TNI AL.

Sementara itu dalam Latihan Armada Jaya XLI/2023 mengusung tema “Kogab TNI Melaksanakan Opslagab, Opsfib, Opsratmin, dan Opshantai, dengan Didukung Opsduk Intelijen, Opsduk Informasi dan Opsduk Passus di Mandala Operasi Wilayah Indonesia Barat Bagian Utara, Wilayah Indonesia Tengah Bagian Selatan dan Wilayah Indonesia Timur Bagian Utara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *