TPQ Fatchul Mu’in Gelar Khotmil ALQur’an dan Imtihan Santri ke-18 Tahun 2023

  • Whatsapp
Img 20230902 Wa0140

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Sebuah upaya menjaga kualitas hafalan alqur’an dsn suasana Khataman dan Imtihan Al-Qur’an di TPQ Fatchul Mu’in, acara tersebut digelar di Gor Hasta Brata Adi Buana jalan Dukuh Menanggal XII, Kecamatan Gayungan,” Sabtu (2/9/2023)

Sekolah Islam Terpadu (SIT) di bawah naungan TPQ Fatchul Muin mengatakan bahwa khataman dan Imtihan ini merupakan uji publik terhadap bacaan dan hafalan Al-Quran para – para siswa,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Acara ini turut hadir Abah yai Faisol dan ibu nyai Siti Fathonah, Khataman dan Imtihan ini merupakan uji publik terhadap tartil bacaan dan hifzhil (hafalan) Al-Qur’an para siswa. Mereka ditampilkan langsung di hadapan orang tua baik untuk diuji secara langsung tartil bacaan Al-Qur’annya maupun kemampuan hafalan Al-Qur’annya,” Ungkap bu nyai Siti Fathonah.

“Siswa-siswa ini telah lulus ujian. Menurutnya, dalam uji publik kali ini, siswa akan langsung diuji oleh orang tua atau pun tamu undangan yang hadir dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

“Orang tua dan tamu undangan dapat langsung memilih siswa yang akan diuji dengan menyebut nomor dada siswa. Orang tua bisa menguji anaknya sendiri atau pun siswa lain yang ia inginkan,” terangnya.

Siswa yang ditunjuk lalu diminta untuk menyambungkan hafalan ayat Al-Qur’an.

“Orang tua membacakan potongan ayat, lalu siswa diminta untuk menyambungkan bacaannya hingga ayat tertentu yang diinginkan,” sambungnya.

Sedangkan, untuk ujian bacaan Al-Qur’an, siswa diuji dalam beberapa aspek seperti tartil, fashohah, gharib, dan tajwid.

“Dalam uji publik ini, telah disiapkan slide yang dapat dipilih orang tua untuk menguji siswa. Pada setiap slide itu, selain diminta membaca dengan memperhatikan tartil, fashohah dan tajwid, siswa juga diminta menyebutkan hukum bacaan tajwid dan pelajaran gharib yang terdapat pada ayat yang dibaca.

Lebih lanjut menegaskan bahwa yang diikuti oleh pelaksanaan uji publik ini merupakan upaya Sekolah Islam Terpadu di bawah naungan TPQ Fatchul Mu’in dan untuk menjaga kualitas bacaan dan hafalan Al-Qur’an siswa,” Pungkasnya.

(Abie)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *