Pangkoarmada II Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023

  • Whatsapp
Screenshot 20231005 192211 Chrome

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Oktober. Tahun 2023 menjadi momentum peringatan hari lahirnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78 yang jatuh pada hari Kamis (5/10/2023).

Dalam upacara peringatan tersebut, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr. Opsla., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Peni Yayan Sofiyan turut hadir menyaksikan jalannya upacara parade dan defile yang dihelat di Dermaga Madura Ujung Surabaya Koarmada II dan bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Dankogartap III/ Surabaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutan Panglima TNI yang dibacakan oleh Irup, mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Screenshot_20231005_192438_Chrome“Menghadapi spektrum ancaman ke depan yang semakin luas dan kompleks, tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan. Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif, serta memiliki daya getar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global,” jelasnya.

Disamping itu, juga dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan RI Satya Lencana Kesetian 8 tahun, 16 tahun, dan 24 tahun. Sementara itu, Pangkoarmada II dalam keterangannya mengatakan bahwa TNI patriot NKRI, pengawal demokrasi untuk Indonesia maju sudah dijalankan dengan terang dan jelas bahwa sinergitas TNI dan polri dalam menghadapi tahun politik tentunya sebagai pengawal demokrasi, sehingga pesta demokrasi yang akan dilaksanakan akan terlaksana dengan baik dengan tertib dengan aman dan lancar. “Itu karena sinergitas dan kekompakan elemen-elemen TNI dan Polri yang ada di jajaran Jawa Timur ini.” (Pen/2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *