TNI Siap Kawal KTT AIS Forum di Bali

  • Whatsapp
Screenshot 20231008 155138 Chrome

DENPASAR, Nusantaraabadinews.com – Ribuan personel gabungan dari TNI – Polri melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum tahun 2023 dalam rangka pengecekan kesiapan personel, materil maupun sarana prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan pengamanan KTT AIS. Apel tersebut juga merupakan wujud komitmen dan keseriusan dalam bidang pengamanan para pimpinan dan kepala negara dari 51 negara-negara pulau dan kepulauan.

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra dan Kabaharkam Polri Komjen Polisi Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si. bertindak sebagai Irup pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan (Pam) KTT AIS Forum Tahun 2023, bertempat di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar Bali, Sabtu (7/10/2023).

Bacaan Lainnya

Mabes TNI dalam hal ini Kogabpadpam VVIP KTT AIS mengerahkan 13.290 prajurit TNI yang terdiri dari gabungan tiga matra. Sedangkan Polri melibatkan 4.286 personelnya untuk mengamankan jalannya KTT AIS.

Apel Gelar Pasukan yang diikuti oleh ribuan prajurit TNI Polri ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan materil yang akan melaksanakan tugas pengamanan para Kepala Negara dan delegasi peserta KTT AIS 11 Oktober 2023

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Pangkogabwilhan II mengatakan bahwa keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan KTT AIS Forum yang dilaksanakan kali pertama ini, tidak hanya akan berdampak terhadap reputasi pasukan pengamanan, akan tetapi juga akan berdampak bagi reputasi dan nama baik bangsa Indonesia di kancah Internasional.

“Mari sekali lagi kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menjalankan tugas pengamanan di event yang penting ini”, ujar Panglima TNI.

Peserta apel terdiri dari berbagai personel Satuan Tugas yang meliputi Satgas Intelijen, Satgas Pengamanan Wilayah (Pamwil), Satgas VVIP, Satgas Passus (Pasukan Khusus), Satgasla (Satuan Tugas Laut), Satgasud (Satuan Tugas Udara), Satgas Bandara/Pelabuhan/Instalasi, Satgas Medis, Satgas Komlek (Komunikasi Elektronik), Satgas Pen (Penerangan), Satgas Evakuasi, Satgas VIP, dan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Korps Musik (Korsik).

Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk pengamanan VVIP, di antaranya yaitu kendaraan Jammer, Mobil Chamber, kendaraan Ops Basarnas, Smart Hunter Satgasud, J- Force Passus, Jihandak Paspampres, Baracuda Polri, kendaraan Satwa Paspampres, kendaraan taktis Anoa Paspampres, kendaraan Air Patrol, Dump Truck, Becho Louder, Inkas Passus, Baracuda Polri, Nubika Paspampres, Bushmaster Passus, Mobil Komob Satgasud, Mobil Chamber Satgasla, Sea Raider Satgasla, Mobil Kawal, Ambulance Medis, Demax Ladder Passus, Mobil BPBD, Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik, Water Cannon, LC Armor Passus, D Max Ladder, dan Atav Passus. (Red)

Puspen TNI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *