Naik Bintang Tiga, Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah Jabat Komandan Kodiklatal

  • Whatsapp
Img 20231027 Wa0009

JAKARTA, Nusantaraabadinews.com – Akan dipromosikan naik bintang tiga, secara resmi tongkat komando Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) diserahterimakan dari Letjen TNI Marinir Suhartono kepada Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah dalam upacara serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di lapangan Apel Denma Mabesal, Jakarta Timur. Kamis, (26/10/2023).

Selain Dankodiklatal, dua Pati TNI AL yang resmi berganti pejabat yaitu, Gubernur AAL diserahterimakan dari Mayjen TNI Marinir Endi Supardi kepada Laksda TNI Supardi, dan Komandan Puspenerbal diserahterimakan dari Laksda TNI Dr. Imam Musani kepada Laksma TNI Sisyani Jaffar.

Bacaan Lainnya

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Kodiklatal dan AAL sebagai Lembaga Pendidikan mengemban peran penting sebagai “Naval Factory” yang menyelenggarakan fungsi pendidikan guna menyiapkan dan mencetak sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang berkualitas, kompetitif dan memiliki standar kompetensi yang menunjang kesiapan operasi Sestem Senjata Armada Terpadu (SSAT). Sedangkan Puspenerbal berperan penting dalam membina kekuatan para rajawali laut yang sekaligus menjadi penentu kualitas dan kesiapan operasional kekuatan udara TNI AL dalam melaksanakan fungsi penerbangan sebagai bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu.

IMG-20231027-WA0010

“Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini, sekaligus sebagai bentuk kepercayaan pemimpin terhadap kompetensi dan kualitas yang dimiliki, sehingga diharapkan dapat melanjutkan program yang telah berjalan serta memberikan kontribusi yang lebih besar kepada organisasi,” ujar Laksamana Muhammad Ali.

Dankodiklatal yang baru Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah merupakan putra daerah yang lahir di Wonosobo, Jawa Tengah dan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-35 tahun 1989. Sebagai pasukan elit yang memiliki kualifikasi Denjaka sama dengan Letjen TNI Marinir Suhartono, Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah mengawali karier sebagai Danton Senapan Yonif 2 Marinir, selanjutnya pada tahun 1992 – 1993 setelah menjadi pasukan khusus di Intai Amfibi (Taifib) menjabat Danton Tafib Menbanpur.

Kemudian saat berpangkat Kolonel, Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah menjabat sebagai Dandenjaka pada tahun 2013 -2015, pada tahun 2017 – 2018 sebagai Danpasmar 2, pada tahun 2018 sebagai Danpasmar 1, pada tahun 2021 – 2022 Gubernur AAL, pada tahun 2022-2023 sebagai Aspotmar Kasal, dan terakhir menjabat sebagai Dankormar sejak tanggal 21 Mei 2023.

Pada upacara serah terima jabatan ini, diikuti pasukan TNI AL yang terdiri dari tujuh Satuan Setingkat Kompi (SSK), yaitu satu SSK Akademi Angkatan Laut, satu SSK Kodiklatal, satu SSK Puspenerbal, satu SSK Armada TNI AL, dan dua SSK Prajurit Marinir TNI AL. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *