Gelorakan Semangat Pemuda Harapan Republik Indonesia, Kodiklatal Peringati Hari Sumpah Pemuda

  • Whatsapp
Img 20231028 Wa0011

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Dalam rangka menggelorakan semangat para pemuda Harapan Republik Indonesia, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan Inspektur Upacara (Irup) yaitu Inspektur Kodiklatal (Ir Kodiklatl) Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Sabtu, (28/10/2023).

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) kali ini adalah Komandan Sekolah Selam (Danseselam) Pusdiksus Kodikopsla Kodiklatal Mayor Laut (S) MZ Lerry Ferdiana.

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI)  Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang dibacakan Ir Kodiklatal mengatakan bahwa, setiap tanggal 28 Oktober rakyat Indonesia selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP).

IMG-20231028-WA0012

Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema, Bersama Majukan Indonesia,” dengan logo Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Menurut Menpora, Pemerintah Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia, hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Adapun rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda juga ditandai dengan penaikan bendera Merah Putih, pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Teks UUD 1945 dan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia, Menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Lagu Bangun Pemuda-Pemudi.

Hadir dalam upacara tersebut yakni, Danpuslatdiksarmil, Danpuslatopsla, Danpuslatmar, Danpuslatlekdalsen, para Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan para Siswa Kodiklatal. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *