WALI KOTA ERI RESMI TUTUP TURNAMEN SEPAK BOLA ANTAR KECAMATAN

  • Whatsapp
Screenshot 20231101 140923 Chrome

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com –  Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi resmi menutup Turnamen Sepak Bola antar Kecamatan. Kecamatan Krembangan sukses meraih juara pertama setelah mengalahkan Jambangan dalam babak final yang digelar di Lapangan Sepak Bola Mulyorejo Surabaya, Senin (30/10/2023) petang.

Turnamen yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu merupakan salah satu kegiatan dalam menyemarakkan Piala Dunia U-17 tahun 2023. Juga bertujuan untuk mencari bibit prestasi di bidang olahraga sepak bola.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Eri Cahyadi bersama jajaran di lingkup Pemkot Surabaya menyaksikan langsung jalannya pertandingan babak final tersebut. Bahkan, ia mengaku takjub dengan atmosfer pertandingan final turnamen sepak bola ini.

“Alhamdulillah luar biasa perebutan juara 1, 2, 3 dan 4. Itu sampai penendang penaltinya semua berhasil, sehingga dalam aturannya (diakhiri) lewat adu (lempar) koin dan akhirnya Kecamatan Krembangan yang menjadi juara pertama,” kata Wali Kota Eri Cahyadi ditemui usai pertandingan.

Wali Kota Eri memandang bahwa dalam turnamen ini yang terpenting bukanlah siapa yang menjadi pemenang. Namun yang terpenting adalah potensi bakat anak-anak Surabaya dalam bidang sepak bola ternyata sangat luar biasa.

“Ini yang akan kita bina terus, karena nanti mantan-mantan pemain Persebaya, saya minta untuk mengambil pemain-pemain yang dari semua tingkat kecamatan yang terbaik diambil, kita kumpulan jadi satu kita bina lagi. Jadi nanti kita akan adakan pertandingan ujicoba dengan kota-kota lainnya,” ujarnya.

Wali Kota Eri juga mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya memiliki Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sekolah Sepak Bola. Peserta Diklat tersebut, salah satunya diambil dari para pelajar sekolah yang berbakat di bidang sepak bola.

“Termasuk dari pertandingan-pertandingan ini kita ambil yang terbaik, kita kumpulkan. Nanti di situ nanti akan ikut Diklatnya Pemkot Surabaya. Jadi nanti pertandingan apapun, mereka kita kirim dan yang melatih adalah teman-teman legendanya Persebaya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menambahkan, bahwa final turnamen sepak bola antar kecamatan ini memperebutkan juara 1, 2, 3 dan 4.

“Pertandingan final kita pusatkan di Lapangan Sepak Bola Mulyorejo sejak pukul 15.00 – 16.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada pukul 16.00 – selesai,” kata Wiwiek di tengah acara.

Pertandingan pertama antara Kecamatan Gunung Anyar dengan Wiyung memperebutkan juara 3 dan 4. Sedangkan pertandingan kedua antara Kecamatan Krembangan dan Jambangan memperebutkan juara 1 dan 2.

Menurut Wiwiek, selain menyemarakkan Piala Dunia U-17, turnamen sepak bola ini sekaligus untuk mencari talent scouting. Artinya, turnamen ini bertujuan untuk mencari bakat yang nanti akan dilakukan oleh Diklat Sepak Bola Surabaya.

“Kita kan punya Diklat Sepak Bola. Nah, ini kita minta juga mereka mulai kemarin dari kelurahan itu mencari itu. Paling tidak (nanti) akan dilakukan pembibitan sejak awal,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, Turnamen Sepak Bola antar kecamatan ini telah dimulai sejak tanggal 23-30 Oktober 2023. Pertandingan turnamen ini digelar di Lapangan Sepak Bola Jambangan dan Mulyorejo Surabaya.

Adapun tim yang berhasil menjadi juara pertama adalah Kecamatan Krembangan dan berhak menerima uang pembinaan Rp10 juta. Kemudian juara dua, diraih Kecamatan Jambangan dan berhak menerima uang pembinaan Rp7,5 juta.

Sedangkan juara ketiga, diraih oleh Kecamatan Wiyung dan berhak menerima uang pembinaan Rp5 juta. Sementara untuk juara 4 atau harapan 1, diraih Kecamatan Gunung Anyar dan berhak menerima uang pembinaan Rp3 juta. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *