Polri Gandeng KPU Cegah Kerawanan Distribusi Logistik Pemilu 2024

  • Whatsapp
Screenshot 20231104 174101 Chrome

JAKARTA, Nusantaraabadinews.com Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencegah potensi kerawanan dalam distribusi logistik Pemilu 2024, terutama di wilayah-wilayah tertentu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala biro penerangan masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dalam wawancara bersama PRO 3 RRI pada Kamis, 3 November 2023.

Bacaan Lainnya

“Seperti yang diketahui tahun ini sudah masuk tahun politik dan sudah masuk dalam tahapan pemilu dimana dinamikanya juga harus diikuti dan tentu polri mempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka pengamanan pemilu tersebut mulai dari pengaman tahapan pemilu berlangsung kemudian pada saat kampanye, tahapan masa tenang, tahapan pemungutan suara, tahapan rekapitulasi, dan terakhir penetapan calon terpilih hingga pencoblosan,” ujar Ramadhan.

Ramadhan mengatakan, polri berkomitmen untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024, termasuk distribusi logistik. Ia mengatakan, polri telah melakukan koordinasi dengan KPU untuk mengetahui potensi kerawanan di wilayah-wilayah tertentu.

“Terkait dengan distribusi logistik utamanya di wilayah-wilayah tertentu seperti di pedalaman yang perlu bantuan polisi agar logistik pemilu sampai ke daerah-daerah pedalaman tersebut, hal tersebut harus benar-benar di siapkan, harus dipastikan bahwa semua logistik pemilu dapat sampai tiba dengan aman dan lancar,” kata Ramadhan.

Menurut Ramadhan, Polri melakukan koordinasi hingga Polda sampai Polsek, dari Ibu Kota Provinsi, sampai dengan daerah kabupaten. Setiap pimpinan di wilayah, seperti Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek, harus memantau dan memastikan distribusi logistik berjalan aman dan lancar.

“Mulai pengamanan dari pusat kemudian komunikasi dengan kepolisian daerah, dari Ibu Kota Provinsi, sampai dengan daerah Kabupaten, setiap pimpinan di wilayah Kapolda Kapolres, Kapolsek, harus dipastikan memantau dan monitor distribusi logistik dan harus terjun langsung tentu dengan KPU daerah, Bawaslu daerah dan juga aparat keamanan terkait dan TNI.” Ungkap Karo Penmas Divhumas Polri

Ramadhan mengungkapkan, Polri telah melakukan sejumlah langkah untuk memastikan logistik pemilu 2024 tepat prosedur, tepat jumlahnya dan tepat waktunya.

“Operasi Mantap Brata ini dilakukan pengamanan termasuk daerah, secara teknis di daerah melakukan koordinasi dengan KPUD Bawaslu dan aparat keamanan setempat, mengecek baik jumlah kotak suara DPR RI, DPD, DPRD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan juga pemilihan kepala daerah, ini juga harus dipastikan sampai kotak suara tiba di gudang logistik KPU daerah masing masing, mengecek berapa surat suara, kotak suara yang diterima masing masing daerah,” Ujar Ramadhan.

Ramadhan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menjaga stabilitas keamanan dalam rangka Pemilu 2024.

“Polri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menjaga stabilitas keamanan dalam rangka pemilu 2024, mengikuti seluruh tahapan termasuk logistik, menjaga situasi aman agar pemilu 2024 nanti berjalan dengan lancar dan damai,” tutup Ramadhan. (Red)

Humas Mabes POLRI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *