Kasal Melantik 217 Perwira Muda TNI AL Sebagai Investasi Jangka Panjang

  • Whatsapp
Img 20231106 Wa0014

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – “Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian yang sangat penting dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, Pendidikan Perwira adalah investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut. Maka dari itu, Pendidikan Perwira Kodiklatal harus menghasilkan yang optimal dalam membentuk prajurit Jalasena yang profesional, modern dan tangguh guna menjaga kedaulatam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).”

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam amanatnya pada saat melantik 217 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan LIII/53 TA. 2023, bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (06/11/2023).

Bacaan Lainnya

IMG-20231106-WA0015

Sebanyak 217 siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 yang dilantik Kasal menjadi Perwira TNI AL tersebut diantaranya adalah 202 siswa pria dan 15 siswa wanita, dengan rincian Korps Pelaut 43 orang, Korps Teknik 34 orang, Korps Elektronika 23 orang, Korps Suplai 22 orang (17 Pria dan 5 Wanita), Korps Marinir 25 orang, Korps Kesehatan 34 orang (27 Pria dan 7 Wanita), Korps Khusus 14 orang (11 Pria dan 3 Wanita), Korps Pomal 18 orang, dan Korps Hukum 4 orang.

Dari ke 217 siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 sebagai lulusan terbaik diraih Letda Laut (P) Fandi Kartika Yudha dengan menerima penghargaan “Jala Wira Adhiguna”. Sedangkan lulusan terbaik dari masing-masing Korps yaitu Korps Pelaut diraih Letda Laut (P) Fandi Kartika Yudha, Korps Teknik diraih Letda Laut (T) Heri Miswanto, Korps Elektro diraih Letda Laut (E) Hariono, Korps Suplai diraih Letda Laut (S/W) Dian Maolani, Korps Marinir diraih oleh Letda Mar Angga Adi Heruanto.

Sedangkan Korps Khusus siswa terbaik diraih oleh dLetda Laut (KH) Muhamad Yani, Korps Kesehatan Letda Laut (K) Pratama Febry, Korps Pomal Letda Laut (PM) Taufan Kuncoro, dan Korps Hukum Letda Laut (H) Wahyu Tri Hariadi. Sementara itu, siswa tertua di Angkatan Diktukpa TNI AL tahun ini adalah Letda Laut (T) Yuliardi dengan umur 45 tahun, dan siswa termuda adalah Letda Laut (P) M. Tri Wibowo yang berusia 31 tahun.

Kegiatan yang dihadiri Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah tersebut, Kasal sebagai Irup juga mengatakan bahwa, sebagai pemimpin pada strata Perwira, bertindaklah dengan sigap dan cermat serta menjadi motor penggerak di satuan tempat para Perwira bertugas nanti. Tidak lupa, selalu syukuri dan pegang amanah serta tunjukkan profesionalisme dalam bekerja.

“Status strata keperwiraan kalian tidak hanya terlihat dari pangkat yang tersandang di bahu para perwira sekalian, namun dari karakter yang tertanam di dalam diri dan tampak dari perilaku keseharian. Jadilah teladan yang baik, kebanggaan, andalan dan pelindung bagi anak buah. Buktikan bahwa kalian layak berada pada strata yang lebih tinggi dari sebelumnya,” tegas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Usai melaksanakan upacara Praspa Diktukpa TNI AL Angkatan 53, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi oleh para Siswa Diktukpa TNI AL diantaranya yaitu kolone berpedang, pembebasan sandera, dan penampilan tari nusantara. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *