Tingkatkan Kemampuan SDM TNI AL, Kapokgadik Kodiklatal Buka Kursus Bingsis

  • Whatsapp
Img 20231113 Wa0013

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut (TNI AL), Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Brigjen TNI Marinir Sarjito membuka kursus Pembimbing Siswa (Bingsis) TNI AL TA. 2023, bertempat di Gedung Action Speed Tactical Trainer (ASTT) Puslatlekdalsen Kodiklatal. Senin (13/11/2023).

Kursus yang diikuti 97 personel Strata Pangkat Perwira dan Bintara dari Satker jajaran Kodiklatal ini berlangsung mulai tanggal 13 November 2023 sampai dengan 22 Desember 2023. Adapun materi-materi yang diberikan diantaranya yaitu, Peraturan Tata Tertib Siswa, Peraturan Tata Kehidupan Siswa, Pembinaan Bimbingan dan Pengasuhan, Cara Memberi Instruksi, Ketrampilan Komunikasi, Bimbingan Konseling, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Mental Kejuangan, serta beberapa materi lainnya yang nantinya dirangkai dengan Latihan Praktek (Lattek).

Bacaan Lainnya

IMG-20231113-WA0014

Kapokgadik Kodiklatal dalam amanatnya menyampaikan bahwa, kegiatan kursus Bingsis TNI AL TA. 2023 yang dilaksanakan selama 1,5 Bulan ini mempunyai tujuan untuk membekali calon atau Pembimbing Siswa TNI AL agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan teknis dibidang Pembimbingan Siswa, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bingsis TNI Angkatan Laut.

“Selaku Lembaga Pendidikan yang merujuk pada keputusan Dankodiklatal Nomor Kep/616/XI/2023 tanggal 1 November 2023 tentang Kursus Bingsis, diharapkan para Bingsis sudah mengikuti atau memiliki Sertifikasi Bingsis. Hal demikian menjadi sebuah keniscayaan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan serta keterampilan Pembimbing Siswa dalam melaksanakan tugas pembimbingan dan pengasuhan yang di emban,” ungkap Brigjen TNI Marinir Sarjito.

Kapokgadik menambahkan, untuk mencapai tuntutan tugas tersebut, sebagai Pembimbing Siswa haruslah personel yang benar-benar berkualifikasi baik ditinjau dari profesionalitas moral dan mental, sehingga harapannya peserta kursus benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya demi kemajuan dunia pendidikan TNI AL, utamanya di Kodiklatal.

Di akhir sambutannya, Kapokgadik Kodiklatal memberikan beberapa penekanan kepada para peserta kursus Bingsis yaitu agar mengikuti semua materi yang diberikan dengan pemahaman yang utuh agar mampu menjadi figur seorang Bingsis yang memiliki kompetensi di bidangnya. Selain itu, juga para peserta harus mematuhi segala peraturan dan tata tertib baik yang ditetapkan oleh Instruktur dan Pabingsis Kodiklatal agar berhasil menyelesaikan Kursus dengan hasil yang optimal. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *