196 Diktukba 54 Kejuruan Marinir Di Tutup Komandan Kodikmar Kodiklatal

  • Whatsapp
Img 20231126 Wa0016

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Sebanyak 196 Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) 54/LIV TA. 2023 secara resmi ditutup oleh Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Brigadir Jenderal TNI Marinir Samson Sitohang, dengan Komandan Upacara (Danup) Dansebaif Kodikmar Mayor Marinir Wahyudi, bertempat di Lapangan Ewa Pangalila kodikmar Surabaya. Jumat (24/11/2023).

Komandan Kodikmar menyampaikan dalam amanatnya bahwa, progam pendidikan ini bertujuan untuk membentuk prajurit Marinir dari Strata Tamtama menjadi seorang Bintara Marinir yang memiliki kemampuan profesi yang dapat dibanggakan. Setelah lulus dari pendidikan ini, diharapkan mampu menjadi seorang Komandan Regu (Danru) atau jabatan yang setingkat sehingga dapat mendukung tugas pokok satuan.

Bacaan Lainnya

IMG-20231126-WA0017

“Perjalanan karier saudara untuk menjadi seorang Bintara ke depan akan penuh dengan tantangan, untuk itu, saudara harus menyiapkan diri dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara dapatkan di lembaga pendidikan ini, dimana tugas seorang Bintara adalah sebagai tulang punggung kesatuan yang memimpin anggota pada posisi terdepan saat di medan pertempuran”, jelasnya.

Selain itu, sebagai tulang punggung di kesatuan, seorang Bintara juga diharapkan mampu menjembatani dan menjadi penghubung antara pemimpin dan anak buah. Pada satu sisi seorang Bintara harus dapat menterjemahkan setiap kebijaksanaan pemimpin kepada anak buahnya, dan pada sisi yang lain, seorang Bintara juga harus dapat bertindak sebagai bapak buah bagi para bawahannya”, tambahnya di hadapan para peserta upacara.

IMG-20231126-WA0018

Lebih lanjut dijelaskan juga, sebagai prajurit Marinir, perlu terus memelihara dan meningkatkan kemampuan diri sebagai bekal di kedinasan guna mendukung tugas pokok satuan. Sebagai prajurit yang medan penugasannya selalu dekat dengan rakyat, mengharuskan untuk selalu memelihara disiplin, baik disiplin individu maupun disiplin kesatuan, agar citra Korps Marinir tetap harum di hati masyarakat.

“Tingkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap perkembangan situasi dimanapun anda bertugas, serta tanggap dengan gejolak yang terjadi di masyarakat. Tahun ini merupakan tahun politik, hindari keterlibatan dalam politik praktis. Bijaklah dalam bermedia sosial, ikuti rambu-rambu yang sudah digariskan oleh pimpinan TNI Angkatan Laut, sehingga terhindar dari segala bentuk pelanggaran yang dapat merusak nama baik satuan,” pesan Brigjen TNI Marinir Samson. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *