120 Pelaku Usaha Binaan Dekranasda Jatim Belajar TIK

  • Whatsapp
Screenshot 20231128 112855 Samsung Internet

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com Sebanyak 120 pelaku usaha binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur di bidang makanan dan minuman, kerajinan, dan fashion mengikuti workshop yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Industri Kecil dan Menengah (IKM), Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) itu, berlangsung di Aula Dinas Kominfo Jatim, Senin (27/11/2023).

Bacaan Lainnya

Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, Indonesia adalah pasar yang besar dengan budaya konsumtif yang masih relatif tinggi. “Jadi budaya suka belanja itu masih tinggi. Dari perspektif UMKM, ini bisa menjadi peluang yang luar biasa,” ujarnya.

Ia menuturkan, di era perkembangan zaman dan teknologi yang serba cepat ini, adaptasi perlu terus dilakukan. Termasuk menyikapi pola konsumen yang sudah semakin memilih online shopping atau belanja secara daring.

“Konsumen sudah semakin bergaul dengan gadget masing-masing. Ini salah satu tanda bahwa kita yang harus beradaptasi dengan dunia maya dan dunia digital. Kita yang harus terus menimba ilmu mengikuti perkembangan teknologi,” terangnya.

Apalagi, di satu sisi dunia digital membuka peluang yang besar tanpa batas ruang dan waktu. Namun di sisi lain, hal tersebut berarti persaingan juga semakin luas. “Tapi saya meyakini bahwa di dunia ini akan selalu ada ruang untuk produk kita selama kita terus mau berusaha, mau belajar, mau memperbaiki,” tegas Arumi.

Dari workshop ini, Arumi berharap UKM, IKM, dan UMKM di Jawa Timur bisa semakin memiliki kesempatan untuk terus berkembang. Tak lupa, Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kominfo Jatim atas dukungan penyelenggaraan kegiatan.

“Semoga pelatihan ini membawa perubahan kepada bisnis Bapak/Ibu semua. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Dinas Kominfo Jatim atas kerja sama dan fasilitas yang diberikan untuk teman-teman binaan kami,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Achmad Fadlil Chusni hadir mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin. Fadlil melaporkan workshop ini terdiri dari pemaparan materi, diskusi tanya jawab, dan praktik, serta menghadirkan dua narasumber.

“Pertama, Mentor Digital Marketing E-commerce Expert, Abdul Hamid Hasan yang menyampaikan tentang optimalisasi e-commerce. Narasumber kedua adalah Broadcaster dan Public Speaker, Vinna Christie yang menyampaikan tentang cara menjadi live streamer online shopping,” jelasnya. (idc/s)

KOMINFO Jatim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *