Wagub Jatim Hadiri Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik “KI Award Jatim” 2023

  • Whatsapp
Screenshot 20231205 150549 Samsung Internet

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com Malam yang penuh prestise dan penghargaan telah dirayakan di Jawa Timur, saat Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak menghadiri acara bergengsi, Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik “KI Award Jatim” 2023, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Senin (4/12/2023) malam di Grand Swiss-Belhotel Surabaya.

Acara ini menjadi momentum penting dalam menghargai kontribusi luar biasa dalam penyelenggaraan informasi publik di wilayah tersebut. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak menekankan pentingnya transparansi dan akses informasi bagi masyarakat Jawa Timur. “Informasi yang mudah diakses oleh masyarakat adalah kunci untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipatif,” ujar Emil.

Bacaan Lainnya

Keterbukaan informasi adalah prasyarat untuk bisa mendorong tata kelola pemerintahan yang amanah. Tata kelola pemerintahan yang amanah adalah kunci manunggalnya pemerintah dan masyarakat. Bila tidak adanya keterbukaan informasi akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Dikatakannya, keterbukaan informasi bukan hanya sekadar kepatuhan. Kepatuhan adalah sebuah kewajiban. Jika keterbukaan informasi adalah sebuah strategi untuk mensukseskan program, maka itu akan menjadi sebuah motivasi. Kita ingin mengubah dari sekadar kepatuhan menjadi sebuah strategi pada keunggulan kompetitif.

Keberadaan KI Award adalah momentum untuk bisa saling belajar antar badan publik, bagaimana cara mereka dalam strategi mewujudkan transparansi pada setiap lembaganya.

Pemberian penghargaan ini tidak hanya mencerminkan dedikasinya dalam mendukung akses informasi, tetapi juga pencapaian luar biasa dalam membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, KI Award Jatim 2023 juga memberikan penghormatan kepada lembaga atau badan publik yang turut berperan aktif dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas di tingkat provinsi kabupaten maupun pemerintah desa.

Ketua Komisi Informasi Jatim, Edi Purwanto menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat. Ia menekankan pentingnya transparansi dalam penyediaan informasi publik sebagai landasan utama bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan daerah

Edi Purwanto menyoroti peran Komisi Informasi Jatim dalam memastikan bahwa akses terhadap informasi publik menjadi hak setiap warga negara. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa KI Jatim berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan upaya memastikan bahwa setiap warga Jawa Timur dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Edi Purwanto tidak hanya menyoroti pencapaian dalam mendorong keterbukaan informasi, tetapi juga mengajak seluruh pihak terlibat untuk terus bekerja sama dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan kualitas layanan informasi publik di Jawa Timur. Ia berharap agar KI Award Jatim 2023 menjadi momentum positif untuk mendorong inovasi dan peningkatan kinerja dalam hal keterbukaan informasi di daerah tersebut.

Malam penuh gemerlap ini menjadi ajang apresiasi bagi para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui penyediaan informasi yang jelas dan mudah diakses.

Para tamu undangan, termasuk pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, dan perwakilan dari berbagai sektor, hadir untuk memberikan dukungan dan mengakui peran krusial dari setiap penerima penghargaan. Acara ini tidak hanya sekadar pemberian penghargaan, tetapi juga menjadi forum inspiratif untuk berbagi pengalaman dan ide dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Jawa Timur.

KI Award Jatim 2023 diberikan kepada 43 Badan Publik, dengan kategori peserta diantaranya adalah pemerintah Kabupaten dan kota, pemerintah desa, BUMD, OPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur, serta badan publik vertikal.

Adapun nominasi penghargaan diantaranya terbagi atas, informatif, menuju informatif, badan publik terfavorit, mitra strategis, kualitas informasi terbaik, jenis informasi terbaik, pelayanan informasi terbaik, komitmen organisasi terbaik, sarana dan prasarana terbaik, digitalisasi terbaik, mengumumkan informasi terbaik, menyediakan informasi terbaik, dan pelayanan informasi terbaik. (jal/hjr)

Dinas KOMINFO Jatim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *