Lanal Banyuwangi Evakuasi Jenazah ABK KM Andika Jaya

  • Whatsapp
Img 20231207 Wa0024

PROBOLINGGO, Nusantaraabadinews.com – Bertempat di Dermaga UPT P3 Mayangan Kota Probolinggo Jl. Perikanan Pantai Mayangan No. 1 Kel. Mayangan Kota. Probolinggo, Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi dalam hal ini Prajurit Pos Keamanan Laut Terpadu (Poskamladu) Mayangan yang dipimpin Letda Laut (E) Warwo bersama unsur maritim Probolinggo melaksanakan evakuasi jenazah almarhum Feri Fadeli Anak Buah Kapal (ABK) KM. Andika Jaya yang meninggal dunia diatas kapal. (06/12/2023).

Tim yang melaksanakan evakuasi terdiri dari Prajurit Poskamladu Mayangan, Satpolairud Polres Probolinggo, UPT P3 Mayangan, KSOP Probolinggo, Kesehatan Pelabuhan Klas II Probolinggo, Himpunan Nelayan dan Perusahaan Perikanan (HNPP) Probolinggo serta nelayan setempat.

Bacaan Lainnya

Kronologi kejadian, pada hari Senin 20 November 2023 KM. Andika Jaya bertolak dari Perairan Dobo menuju ke Pelabuhan PPPI Mayangan Kota Probolinggo, selanjutnya hari Rabu 29 November 2023 pukul 06.00 WITA dalam perjalanan pulang menuju Probolinggo, tepatnya di sekitar perairan Maluku, Sdr. Jafar Loy/teman satu kapal almarhum membangunkan almarhum Feri Fadeli untuk makan pagi, dengan menggoyang-goyangkan tubuhnya akan tetapi almarhum diam tidak bergerak. Setelah dicek nadinya tidak ada detak nadinya dan hidungnya tidak ada hembusan nafas, selanjutnya Sdr. Jafar Loy melaporkankan ke Nakhoda, Sdr. A Tie untuk melihat bersama-sama dengan ABK yang lain apakah Sdr. Feri Fadeli benar-benar meninggal dunia atau tidak, setelah dicek bersama-sama ternyata benar bahwa saudara Feri Fadeli meninggal dunia.

IMG-20231207-WA0023

Dengan kejadian tersebut nahkoda melaporkan kejadian meninggalnya almarhum Feri Fadeli ke pihak agen dan pemilik kapal serta ke pihak keluarga almarhum dan melanjutkan pelayaran ke Probolinggo.

Mendapatkan informasi tersebut Danposkamladu melaporkan kejadian tersebut ke Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R, dan memerintahkan Danposkamladu berkoordinasi dengan stake holder terkait untuk membantu evakuasi jenazah korban.

Dengan gerak cepat, Danposkamladu beserta Tim Evakuasi berangkat menggunakan KM. Mahardika menuju KM. Andika Jaya yang lego jangkar di Perairan Mayangan, setibanya di KM. Andika Jaya, Tim Kesehatan Pelabuhan melaksanakan pemeriksaan awal dengan melakukan pengecekan Jenazah almarhum Feri Fadeli serta melaksanakan penyemprotan disinfektan kepada jenazah dan seluruh ABK.

Selanjutnya pukul 13.00 WIB KM. Andika Jaya angkat jangkar menuju Dermaga Pelabuhan Perikanan Mayangan untuk sandar, kemudian jenazah dievakuasi menggunakan mobil ambulance milik RSUD Dr. M. Saleh Probolinggo menuju kamar jenazah untuk dilaksanakan visum, dari hasil visum tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan/kekerasan. Dengan adanya kejadian tersebut pihak keluarga menerima bahwasanya hal tersebut sebuah musibah dan menerima dengan lapang dada dikuatkan dengan surat pernyataan dari keluarga korban. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *