Gubernur Khofifah Pimpin Upacara Bela Negara ke-75 Tahun 2023

  • Whatsapp
Screenshot 20231220 142137 Yahoo Mail

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya pada, Rabu (19/12/2023). Dalam momentum bersejarah ini, gubernur menegaskan komitmennya terhadap semangat bela negara yang menjadi landasan keutuhan bangsa Indonesia.

Saat membacakan naskah pidato Presiden RI, Gubernur Khofifah menyampaikan penghargaannya kepada para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan keamanan negara. Ia menekankan pentingnya semangat bela negara dalam menjaga kedaulatan, keutuhan, dan keberlanjutan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan berkepribadian.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata.Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. “Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” katanya.

Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari.

Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.Upacara dihadiri oleh berbagai pejabat, tokoh masyarakat, serta perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat Jawa Timur. Gubernur Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh unsur TNI dan Polri, mengekspresikan rasa bangga dan hormat terhadap peran mereka dalam menjaga keamanan dan kedamaian di wilayah Jawa Timur.

Gedung Negara Grahadi Surabaya menjadi saksi bisu dari momen emosional saat bendera Merah Putih dikibarkan dengan gagah oleh para prajurit. Gubernur Khofifah berdiri tegak di depan bendera, mencerminkan kesetiaan dan komitmen untuk menjaga tanah air dari segala ancaman.

Sejumlah kegiatan upacara dilaksanakan untuk memperingati Hari Bela Negara, termasuk penghormatan kepada para veteran, pemberian penghargaan kepada masyarakat yang berjasa ikut serta mengentaskan kemiskinan, serta aksi perwakilan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban melalui kegiatan treatrikal.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk bersatu dan mendukung upaya penguatan bela negara. Ia menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, TNI, Polri, dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Dengan penuh semangat dan harapan, Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Jawa Timur di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjadi bukti nyata kesatuan dan kesadaran seluruh elemen bangsa untuk menjaga dan memajukan Indonesia, menuju masa depan yang lebih cerah. (jal)

Dinas KOMINFO JATIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *