Lanal Semarang Meriahkan Hari Juang Infanteri Dengan Long March

  • Whatsapp
Img 20231220 Wa0031

SEMARANG, Nusantaraabadinews.com – Prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Semarang ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan Long Mars atau yang di sebut juga dengan jalan jauh dalam peringatan hari Juang Infanteri TNI Angkatan Darat Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) Tahun 2023 dengan menempuh jarak sejauh 10 km dari titik start Lapangan Desa Jambon Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung menuju titik finish Lapangan Desa Bengkal Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. (19/12/2023)

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr.Opsla., M.A.P. memerintahkan prajurit Lanal Semarang di bawah Komandan Kompi (Danki) Lettu Laut (KH) Ado A.D. dan Komandan Peleton (Danton) Letda Laut (T) Syamsul Arif membawa 1 (satu) Peleton prajuritnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang di kenal dengan istilah Peleton Beranting (Tonting). Hari Juang Infanteri ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Selain Lanal Semarang turut berpartisipasi perwakilan dari Grup 2 Kopassus, Yon Arhanudse 15/DBY, Yonif 400 Raider / BR , Satbrimobda Polda Jateng, dan Yonif 408 Raider/SBH.

Bacaan Lainnya

IMG-20231220-WA0032

Pergerakan jalan jauh dengan berjalan kaki ini di tempuh secara estafet dari tiap rute atau etape yang sudah di tentukan. Setiap etape satuan yang bergerak mengemban Simbol berupa 2 (dua) unit senapan Lee Enfield (LE) dengan sangkur terhunus, 2 (dua) bendera satuan, tabung dan tas yang berisi amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman yang di laksanakan secara sakral, khidmat dan penuh semangat.

Komandan Kompi dan Komandan Peleton memberikan breefing arahan kepada anggotanya sebelum acara di mulai agar tetap semangat, karena Long March yang di tempuh merupakan simbolis bagian dari perjuangan Long March Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Masyarakat sekitar Kabupaten Temanggung yang menyaksikan menyambut dengan penuh haru dan gembira. Dari titik start Lapangan desa Jambon Lanal Semarang tergabung dengan Grup 2 Kopassus yaitu etape IX yang di lepas oleh Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Bapak Yunianto SP hingga tiba di titik finish di serahkan dari etape IX kepada etape X Yonif 400 Raider/BR di lapangan Desa Bengkal dan untuk selanjutnya di lepas oleh Dandim 0706 Letkol Infanteri Sriyono. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *