Diskop UKM Jatim Fasilitasi Praktik Kerja Lapangan untuk Pelajar dan Mahasiswa

  • Whatsapp
Screenshot 20240102 202722 Chrome

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com Sebagai sarana dalam mengembangkan potensi dan pengenalan terhadap dunia kerja kepada para mahasiswa dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menfasilitasi praktik kerja lapangan/magang.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (2/1/2024), Arief Setiawan, sebagai fasilitator kegiatan magang dan penelitian di lingkungan Diskop UKM Jatim menerangkan, internship atau magang merupakan suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja pada sebuah instansi dalam beberapa waktu. Dalam jangka waktu pelaksanaan magang di Diskop UKM Jatim bisa diajukan sesuai dengan permintaan calon mahasiswa/mahasiswi.

Bacaan Lainnya

“Untuk persyaratannya mudah sekali. Untuk pengajuan magang diperlukan surat pengantar dari kampus yang ditujukan kepada Kepala Diskop UKM Jatim dan proposal. Untuk pengajuan penelitian diperlukan surat pengantar penelitian dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bangkesbangpol Jatim serta dua proposal penelitian yang masing-masing satu untuk Bangkesbangpol Jatim dan satu untuk Diskop UKM Jatim,” jelas Arief.

Untuk calon mahasiswa/mahasiwi magang, lanjutnya, disarankan untuk menyerahkan surat pengajuan magang lebih kurang 2-3 bulan sebelumnya. Hal ini karena Diskop UKM Jatim membatasi kuota sebanyak 15 orang per periode magang.

“Mengingat keterbatasan tempat, maka kami batasi kuota sebanyak 15 orang tiap periode magang, karena jika terlalu banyak yang magang tentunya juga kurang efektif bagi adik-adik untuk menimba pengalaman dari kami. Mengingat permohonan magang di tempat kami yang cukup banyak, maka harap diupayakan surat permohonan magang diserahkan ke kami lebih kurang 2 sampai 3 bulan sebelum waktu pelaksanaan magang. Untuk tahun 2024 sampai dengan bulan Maret, kuota magang d itempat kami sudah penuh,” imbuh Arief.

Arief juga menyampaikan terkait penempatan mahasiswa pada sekretariat dan bidang-bidang teknis. Untuk penempatan magang akan disesuaikan dengan bidang keilmuannya dan bisa juga atas keinginan mahasiswa. Hal yang penting, lanjutnya, pelaksanaan kegiatan magang ini dapat membawa kemanfaatan untuk kedua belah pihak.

Arief menyampaikan pesan kepada mahasiswa/mahasiswi magang agar selalu sungguh-sungguh dalam pelaksanaan magang. “Magang ini meskipun terkesan sepele tapi laksanakanlah dengan sungguh-sungguh, karena dengan begitu kita akan tahu kondisi real dalam dunia kerja itu seperti apa dan tentunya bisa bermanfaat untuk diri sendiri, karena dengan membiasakan diri untuk disiplin dan sungguh-sungguh maka akan membentuk mental kita menjadi pribadi yang kuat dan berkarakter di masa yang akan datang,” pesan Arief. (idc/s)

Dinas KOMINFO JATIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *