Wujud Penghormatan Perjuangan Komodor Yos Sudarso, Wadan Kodiklatal Tabur Bunga di KRI Bima Suci

  • Whatsapp
Img 20240116 Wa0004

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Sebagai wujud penghormatan atas perjuangan Komodor Yos Sudarso, Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-62 Tahun 2024 yang digelar diatas KRI Bimasuci, yang berlayar dari Koarmada II menuju sekitar Selat Madura. Senin (15/01/2024).

Kegiatan Tabur Bunga dengan tema “Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit Jalasena Yang Tangguh, Profesional dan Modern” ini merupakan bentuk penghormatan para prajurit TNI Angkatan Laut kepada para Pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia salah satunya dalam peristiwa heroik yakni Pertempuran Laut Aru pada 15 Januari 1962 silam.

Bacaan Lainnya

IMG-20240116-WA0006

Disamping itu, upacara yang dihadiri petinggi TNI AL wilayah Surabaya ini, momentum Peringatan Hari Dharma Samudera mengingatkan kepada generasi penerus, Prajurit Jalasena untuk meningkatkan nilai patriotisme dan kepahlawanan dalam pengabadiannya untuk bersatu menjaga keutuhan kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatan diawali Penghormatan kepada arwah Pahlawan dipimpin oleh Inspektur Upacara, mengheningkan cipta, pelarungan bunga oleh Inspektur Upacara, pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan, yang dilanjukan dengan tabur bunga oleh para peserta upacara.

Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera yang terpusat di Jakarta, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengatakan bahwa, peristiwa heroik tersebut bukan hanya sekedar peringatan sejarah, melainkan perwujudan semangat rela berkorban. Perjuangan mereka dalam memperjuangkan kepentingan bangsa di atas segalanya, tidak hanya menyingkap sejarah kejayaan bangsa maritim, namun menyiratkan betapa nilai-nilai luhur kepahlawanan merupakan jati diri sejati prajurit matra laut. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *