Kegiatan Different Is Beautiful Live in SMA Katolik Frateran Surabaya, Tahun Ajaran 2023/2024

  • Whatsapp
Img 20240206 Wa0151

MALANG, Nusantaraabadinews.com — Different is Beautiful adalah tema yang diangkat dalam kegiatan live in SMAK Frateran Surabaya tahun ajaran 2023/2024. Live ini merupakan kegiatan wajib bagi semua siswa kelas XI.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah, mengembangkan, dan mengimplementasikan sikap toleransi, kepedulian, simpati, empati, mandiri, memiliki kepekaan sosial dan mampu mensyukuri anugerah Tuhan,” Jelasnya.

Bacaan Lainnya

“Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat melihat, mengalami secara langsung, dan memahami kebiasaan hidup masyarakat pedesaan. Selain itu para siswa juga dapat menggali nilai- nilai positif yang melekat dalam kehidupan masyarakat pedesaan, Selasa (6/2/2024).

“Fr. William Satel Sura BHK, S.Pd, MM beliau selalu kepala sekolah SMAK Frateran Surabaya saat di wawancarai awak media mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam, mulai tanggal 1-3 februari 2024, di Dusun Magersari dan Dusun Segelan, Kelurahan Balesari, kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Dusun ini terletak di perbukitan gunung kawi. Mata pencaharian penduduk di dusun tersebut kebanyakan petani, peternak dan pengrajin tusuk sate. Masyarakat di daerah ini juga masih memelihara tradisi dan adat istiadat,” kata Fr. William.

Img 20240206 Wa0152“Nathaneyla Alicya Abraham dari kelas XI/SSC menambahkan, bahwa kegiatan live ini sangat seru dan menyenangkan. Saya tinggal di rumah mak Srinti Magersari. Di Sana saya membantu membuat tusuk sate, ini merupakan pengalaman baru buat saya. Selama live ini saya juga bisa menambah teman, karena pembagian tempat tinggal diacak dari berbagai kelas, sata juga bisa belajar bersosialisasi dengan orang yang baru saya kenal,’ Terang Nathaneyla.

Kemudian menurut Farel Ferdinan Lay dari kelas dari kelas XIC mengatakan, kegiatan live ini seru dan mantap dan saya membantu mencari rumput untuk sapi. Ini tangan dan leher saya sakit tergores rumput, tapi asyik dan menyenangkan. Saya juga ikut kerja bakti. Teori bergotong royong benar-benar dapat saya terapkan dalam kehidupan masyarakat di sana.

“Kegiatan live ini seru dan menyenangkan, ini menambah pengalaman baru bagi saya. Saya banyak belajar hal baru dan mengenal orang-orang baru. Saya juga dapat belajar untuk lebih bersyukur dengan apa yang sudah saya miliki. Saya juga belajar untuk bersikap baik sehingga orang yang kita jumpai merasa di hargai, begitu kesan yang di sampaikan oleh Klause Kurniawan kelas XI/NSC.

Kegiatan live tahun ini juga digunakan sebagai proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema”Berkebhinekaan Global”. Dengan kegiatan P5 ini diharapkan para siswa mampu mengembangkan karakter diri yang baik dan positif. Dapat menyikapi perbedaan dengan bijaksana sesuai dengan tema live in “Different is Beautiful”. Sikap menghargai perbedaan ini sangat dibutuhkan untuk masyarakat Indonesia yang majemuk baik dari segi agama, suku, budaya dan bahasa. Semoga dengan membina toleransi dalam keberagaman ini akan membantu terwujudnya masyarakat yang damai,” Pungkasnya.

(Abie).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *