Rektor UNAIR: Menentukan Pilihan dalam Pemilu Sama Seperti Memilih Jurusan

  • Whatsapp
Screenshot 20240207 190333 Yahoo Mail

SIRABAYA, Nusantaraabadinews.com Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Prof. Mohammad Nasih, menyampaikan, sejatinya menentukan pilihan dalam pemilu sama halnya dengan menentukan jurusan atau Program Studi (prodi).

Hal ini disampaikannya, saat menjadi pembicara dalam gelar wicara bertajuk ‘#DemiIndonesiaCerdasMemilih’ oleh Detik.Com, di Gedung Dyandara Convention Center, Surabaya, Selasa (6/2/2024).

Bacaan Lainnya

“Milih dalam pemilu itu seperti milih fakultas dan seperti milih program studi. Oleh karena itu ya kawan-kawan semuanya, memilah dan memilih mana yang terbaik. Karena sejatinya saat mahasiswa menentukan jurusan, mereka akan mempertimbangkan betul pilihan tersebut baik dari segi prospek kerja atau pun passion mereka,” kata Prof. Nasih.

Lebih lanjut, Prof. Nasih menerangkan, dalam menentukan pilihan dalam pemilu bukan hanya tentang hari ini tetapi juga soal membangun masa depan. Ia tidak ingin mahasiswanya terjebak dalam praktek money politic dan terjebak pada pilihan sesaat.

“Bukan hanya untuk hari ini tetapi juga untuk masa depan. Bukan hanya untuk masa depan pemilih tetapi juga untum masa depan Indonesia,” terang Prof. Nasih.

Di UNAIR sendiri, Prof. Mohammad Nasih menyebut sebagian besar dari mahasiswa baru UNAIR adalah pemilih pemula, sehingga mereka masih memerlukan arahan dan bimbingan agar tetap bijak dalam memilih.

Pihaknya menegaskan, peran kampus sebagai sarana akdemik telah memberikan bimbingan, bahkan deklarasi anti politik uang yang digalakkan kepada para mahasiswa baru. Tujuannya, agar supaya budaya demikian dapat dihindarkan dan juga berdampak positif pada lingkungan sekitar seperti keluarga.

“Jadi sejak awal kita berharap yang nanti bisa ditularkan ke keluarga,” tegas Prof. Nasih.

Prof. Nasih mengungkapkan, setidaknya tercatat ada 1.700 mahasiswa UNAIR yang akan ikut berpartisipasi dalam ajang Pemilu 2024 mendatang. Sehingga deklarasi tersebut adalah pembelajaran awal agar mereka terhindar dari pilihan sesaat.

“Pembalajaran awal agar kawan-kawan mahasiswa benar benar memilih untuk memilih jangka panjang bukan sesaat,” pungkasnya.

Diketahui, acara DemiIndonesiaCerdasMemilih ini sendiri, merupakan gerakan yang digagas oleh Detik.com sejak 2022, yang bertujuan untuk membantu para pemilih awam maupun yang pernah mengikuti pemilu sebelumnya agar lebih bijak dalam menentukan pilihan. (vin-nbr/s)

Dinas KOMINFO JATIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *