Diskominfo Jatim Dukung Assessment Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Universitas Jember

  • Whatsapp
Screenshot 20240301 192313 Chrome

JEMBER, Nusantaraabadinews.com Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur (Diskominfo Jatim) mendukung assessment/ penilaian Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di Lingkungan Universitas Jember yang dilakukan selama dua hari, 27-28 Februari 2024.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Jember, Prof Drs Bambang Kuswanedi MS menyampaikan, kerjasama dengan Diskominfo Jatim guna meningkatkan efektivitas, keamanan, dan kualitas sistem informasi dan teknologi informasi Universitas Jember, sehingga dapat mendukung lancarnya kegiatan pendidikan.

Bacaan Lainnya

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi selanjutnya disingkat UPT TIK Universitas Jember merupakan salah satu unit kerja yang memberikan pelayanan dalam hal teknologi informasi bagi civitas akademika universitas.

Beberapa jenis sistem informasi telah dibuat untuk mengoptimalkan proses di Universitas Jember diantaranya Sistem Informasi Akademik Mahasiswa, Sistm Informasi Wisuda (SIWISUDA), Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA), Sistem Informasi Keuangan (SIMKEU), Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG), Direktori Dosen, Sistem Informasi Sarana Prasarana (SINAPRA), dan masih banyak sistem informasi lainnya.

“Dukungan ini dapat berupa berbagai bentuk bantuan teknis, sumber daya, dan bimbingan untuk membantu universitas dalam meningkatkan kualitas sistem informasi dan teknologi informasi yang selama ini digunakan,” kata Prof Bambang Kuswanedi disela proses assessment yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung UPT TIK Universitas Jember.

Sementara, perwakilan Tim Aptika Diskominfo Jatim, Martin Ivo mengatakan, assessment perlu dilakukan institusi/lembaga yang menggunakan teknologi informasi dalam membantu sistem pendidikannya. “Tidak bisa lembaga melakukan assessment/ penilaian sendiri mereka butuh institusi lain yang memang punya kapasitas dalam melakukan penilaian sistem informasi dan teknologi informasi, sehingga bisa diketahui apakai sistem yang dijalan sudah sesuai apakah belum, sehingga bisa segera dilakukan perbaikan, ” tuturnya.

Selama dua hari, beberapa kegiatan dilakukan, oleh Tim Diskominfo Jatim. Di hari pertama dilakukan proses FGD tekait proses bisnis yang ada di tim UPA TIK. Sedangngkan hari kedua dilakukan site survey infrastruktur, penilaian untuk tim aplikasi dan penilaian indeks. “Proses assesment dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian Aplikasi, Infrastruktur dan Database, semua data telah kami nalisa dan akan kami siapkan laporan lengkapnya. (hjr)

Dinas KOMINFO JATIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *