Kunjungi Diskominfo Jatim. DPMD Kalteng Belajar SATA

  • Whatsapp
Screenshot 20240301 191601 Chrome

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur untuk mempelajari satu data award (SATA) dan data Sektoral. Dimana rombongan DPMD Provinsi Kalteng ini dipimpin oleh Sekertaris,Etty Apriliya diterima langsung oleh Kabid data dan Statistik, Fahamsyah, Kabid APTIKA, Gugi A. Wicaksono di ruang Anjosmoro Lt 4 Diskominfo Jatim, Jumat (1/3/2024).

Sekertaris Dinas PMD Provinsi Kalteng, Etty Apriliya mengatakan kedatangan DPMD ke Kominfo Jatim untuk meningkatkan pelaksanaan reformasi birokrasi di provinsi Kalteng. Terutama terkait data sektoral mengingat saat ini DPMD mengembangkan aplikasi SIDARA, sebuah website yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengelola data sektoral di provinsi. “Pesan Gubernur Kalimantan Tengah yang tengah menyerukan Satu Data,” katanya

Bacaan Lainnya

Kemudian diakhir pemaparannya, kenapa dipilih di Jatim untuk tempat kunjungan. Pihaknya menilai Jatim saat ini telah berpengalaman dengan Satu datanya, kemudian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) juga dinilai bagus oleh pemerintah pusat. “Kami pergi ke Surabaya, ke Jawa Timur, untuk mencari ilmu yang bisa kita ATM atau Amati, Tiru, Modifikasi-kan. Di Jawa Timur itu ada namanya Satu Data Awards yang hendak kami replikasi kan kepada SIDARA kami,”pungkasnya.

Sementara Kabid Data dan Statistik, Fahamsyah yang mewakili Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin mengatakan selamat datang di kantor Kominfo Jatim, dan Sata Jatim merupakan aplikasi pengumpulan data Sektoral Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui portal warehouse SATA Jatim.

“Kominfo Jatim punya inovasi SATA Jatim Award untuk merumuskan penilaian dalam penyelenggaraan statistik sektoral sehingga meningkatkan kesadaran terhadap pengelolaan data. Kita saling tukar informasi dan beberapa hal yang akan kita diskusikan ini mungkin ada yang bisa direplikasi oleh teman-teman,”pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadis Kominfo Prov Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin memaparkan manfaat penggunaan Data Sektoral untuk Transformasi Digital di Jatim dihadapan Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Hotel Platinum Surabaya, Kamis (29/2/2024).

Manfaat penggunaan Data Sektoral Untuk Transformasi Digital di Jatim pertama. penguatan kebijakan, kedua peningkatan kapasitas SDM statistik sektoral, ketiga untuk pengembangan SPBE, keempat yaitu Pemanfaatan Data Sektoral, kelima Inovasi Satu Data Jawa Timur, keenam yaitu Data Terkait Desa.

Dijelaskan, terkait data desa di Jatim, Dinas Kominfo Jatim bersama DPMD telah membuat aplikasi yaitu. Sibermata Desa mengelola data sektoral yang dimiliki masing-masing Desa, khususnya data tentang aparatur desa yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Timur. Data tersebut dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan dan sebagai salah satu sarana pengembangan kapasitas Aparatur Desa secara mandiri.

Sementara itu, untuk sinergi desa di Jawa Timur Diskominfo menggunakan digitalisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), optimalisasi relawan TIK, dan blankspot di Jawa Timur. (Pca/uinsa)

Dinas KOMINFO JATIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *