HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar 2024, Pj. Gubernur Adhy Minta Kedepankan Profesional dan Humanis

  • Whatsapp
Screenshot 20240307 213812 Chrome

JEMBER, Nusantaraabadinews.com Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Gelar Pasukan dalam Peringatan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), dan ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 di Jember Sport Garden (JSG), Rabu (6/3).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Adhy meminta jajaran Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas untuk menunjukkan tanggung jawab penuh di pekerjaannya. Yakni dengan meningkatkan profesionalisme dan humanisme di lapangan.

Bacaan Lainnya

“Pesan saya adalah harus profesional dan humanis. Kita tegaskan lagi bahwa profesional dalam hal sesuai dengan SOP, tugas kewenangannya. Tapi humanis juga penting karena mereka garda terdepan di masyarakat,” katanya.

Hal ini penting, jelas Adhy, mengingat mereka adalah wajah pemerintah. Sehingga, masyarakat akan menilai sesuai dengan kinerja Satpol PP, Damkar, maupun Satlinmas yang mereka temui sehari-hari.

“Oleh karena itu, tidak ada lagi nanti tindakan sewenang-wenang yang diluar SOP. Semuanya untuk masyarakat yang memanusiakan dan manusiawi,” katanya.

Meski masih terdapat ruang untuk perkembangan, Adhy mengatakan bahwa kerja semua satuan telah baik. Terutama untuk Satpol PP saat Pemilu Presiden dan Pemilihan Legislatif pada tanggal 14 Februari lalu.

“Ini sungguh luar biasa. Satpol PP dan Satlinmas tugasnya untuk ketertiban dan keamanan masyarakat sudah teruji selama ini. Ini juga ada apresiasi langsung dari Mendagri bahwa selama proses Pemilu kemarin dari awal sampai akhir berjalan dengan baik, kondusif, damai, dan tentu aman,” katanya.

Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Kemendagri, jumlah anggota Satpol PP di seluruh wilayah Indonesia mencapai 105.872 personil, dengan status kepegawaian sebanyak 29.895 orang merupakan PNS dan 75.977 orang merupakan non ASN.

Disamping itu, total jumlah anggota satlinmas di seluruh Indonesia sebanyak 1.224.990 personil. Dari data yang dihimpum melalui aplikasi SIM Linmas (Sistem Informasi Manajemen Pelindungan Masyarakat), telah tersampaikan aktivitas Satlinmas sebanyak 1.055.616 laporan penyelenggaraan Trantibumlinmas di tingkat desa/kelurahan yang terdiri dari 471.535 laporan terkait ketenteraman dan ketertiban umum, dan 11.654 laporan terkait penanggulangan bencana serta kebakaran.

Kemudian ada 13.280 laporan terkait pertahanan negara, 18.975 terkait pengamanan objek vital, 3.310 terkait Pemilu dan 536.862 terkait aktivitas lainnya (seperti pembinaan dan bimbingan masyarakat, serta aktivitas sosial masyarakat). Dari data ini menunjukkan bahwa Satlinmas memiliki peran penting dalam membantu penyelenggaraan Trantibumlinmas di daerah.

Jumlah pasukan pada upacara ini mencapai 47 pleton dan diisi gabungan Satpol PP Prov. Jatim dan Satpol PP kabupaten/kota dari Damkarmat maupun Satlinmas. Dalam pleton tersebut, ada pula personil TNI AD, Polri, KORPRI Jember, BPBD Jember, Redkar Jember, Tagana Jember, Karang Taruna Jember, serta Kwarcab Pramuka Jember.

Di kesempatan ini, Pj Gubernur Adhy pun berkesempatan melakukan pemeriksaan terhadap pasukan upacara dengan menggunakan mobil Jeep terbuka didampingi oleh Komandan Upacara.

Selain itu Pj Gubernur Adhy juga menyerahkan total 22 penghargaan untuk berbagai kategori. Antara lain Kabupaten/Kota Dengan Partisipasi Terbaik pada SIJALINMAJATARU 2024 yang diberikan kepada Kab. Tuban, Kab. Lamongan, dan Kab. Jember.

Kemudian Video Terbaik Patroli SIJALINMAJATARU kepada Kelurahan Kepatihan, Kab. Tulungagung; Desa Tambak Rigadung, Kab. Lamongan; dan Desa Pontang, Kab. Jember.

Ada pula penghargaan Sinergitas Kinerja Penyelanggaraan Trantibumlinmas Tahun 2023 kepada Kota Probolinggo, Kab. Tulungagung, Kab. Lamongan, Kab. Kediri, dan Kab. Banyuwangi.

Sedangkan penghargaan anggota Linmas yang mengabdi lebih dari 30 tahun diberikan kepada total 6 orang dari berbagai desa serta kelurahan di Kab. Jember. Terakhir, diberikan penghargaan Lomba Kerapian Pasukan dan Ketertiban Pasukan Upacara kepada juara pertama hingga juara harapan III.

Selain khidmatnya upacara, HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar ini juga diwarnai dengan berbagai pertunjukan menarik. Yakni persembahan paduan suara, penampilan defile pasukan, serta persembahan Tari Kolosal Ciluk Ba yang diisi oleh 1000 penari. (Red)

Dinas KOMINFO JATIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *