Primer Koperasi Kartika Bhaskara Jaya Gelar Event UMKM Gebyar Bazar Ramadhan serta Kesepakatan Kerjasama Warga Kerto Menanggal dan warga Siwalankerto 2024

  • Whatsapp
Img 20240308 Wa0000

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com — Kemajuan pembangunan perekonomian. Tidak hanya itu, bukan hanya takjil dan sajian menu berbuka puasa yang menjadi sorotan. Ada pula arena permainan anak, seperti tempat melukis, komedi putar, bahkan arena panahan. Meski tidak langsung disediakan oleh penyelenggara, fasilitas seperti juga turut menjadi perhatian. “Semoga bazar Ramadhan ini bisa membantu menaikkan ekonomi masyarakat khususnya warga Kerto Menanggal, Siwalankerto dan sekitarnya bisa berlangsung di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

“Ibrahim selaku ketua koodinator menuturkan, peningkatan tentang perekonomian UMKM di wilayah sekitar Primer Koperasi Kartika Bhaskara Jaya, bahwa pemberdayaan UMKM memang sedang gencar dilakukan untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat. Salah satu bukti nyatanya melalui pengadaan bazar berkah Ramadhan, Kamis (7/3/2024).

Bacaan Lainnya

“Banyak jenis UMKM yang ada, kebanyakan di bidang kuliner dan kerajinan tangan, jadi kami beri fasilitas bazar ini. Tingkatkan Potensi Desa pada Momentum Ramadhan, acara rapat ini digelar di Balai Rukun Warga (RW), Jalan Kerto Menanggal VII/4, Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan Surabaya,” Paparnya

Img 20240308 Wa0002Hardi dan Bemy selaku Jarlap mengungkapkan, bahwa UMKM menjadi salah satu sektor yang membantu pembangunan ekonomi di Indonesia. Menjadi sektor yang dominan, dimana mayoritas masyarakat Indonesia. Efek dan dampak yang diberikan oleh UMKM terhadap kesejahteraan masyarakat lebih banyak dibandingkan dengan industri besar. “Jika ditelisik lebih dalam lagi, bahwa masyarakat warga Kerto Menanggal, Siwalankerto dan sekitar banyak bergerak di sektor UMKM dan penghidupan mereka berasal dari UMKM,” Jelas Hardi/Bemy

Selanjutnya, ketika menyadari bahwa mereka memiliki potensi unggulan maka itu bisa menjadi peluang untuk pembangunan warga Kerto Menanggal dan warga Siwalankerto. Dengan itu maka setiap masyarakat akhirnya akan berlomba- lomba untuk mencari dan memiliki satu produk atau potensi unggulan yang bisa dikembangkan. Pengembangan suatu potensi ini akan memberikan dampak yang besar kepada UMKM dan produk lainnya. Sehingga masyarakat disini perlu controling dan diberikan perhatian karena ada ruang – ruang yang bisa diberdayakan di level tersebut,”ujarnya.

Img 20240308 Wa0001Pada bulan suci ramadhan waktu makan hanya dua kali yakni waktu waktu sahur dan berbuka puasa, sehingga tingkat konsumsi masyarakat lebih banyak dan meningkat berkali lipat dari biasanya. Hal ini bisa menjadi peluang. Potensi bagi desa yang dekat dengan perkotaan akan mendapatkan efek yang lebih cepat dari desa yang jauh dari perkotaan. Peluang dan momentum itu dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pembangunan ekonomi warga Kerto Menanggal dan Siwalankerto khususnya.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disebut UMKM telah menyumbangkan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia. Pengaruh UMKM dalam perekonomian nasional sangat signifikan. Perkembangannya yang sangat pesat membuat minat masyarakat untuk terjun di bidang bisnis mikro kecil dan menengah semakin meningkat. Tidak jarang masyarakat yang terjun dalam dunia bisnis tidak dibekali kemampuan untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, produknya hanya menjangkau pasar yang sempit. Begitu juga diperlukan sarana untuk memperluas jangkauan pasar seperti penyelenggaraan bazar sebagai sarana sekaligus saluran pemasaran bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar dari UMKM. Melalui observasi dan persiapan yang matang, kerjasama antara Primer Koperasi Kartika Bhaskara Jaya dan masyarakat serta mempermudah penyelenggaraan bazar.

Berbagai rangkaian acara dan fasilitas. Dengan menghadirkan fasilitas berdagang seperti stan serta mendatangkan pengunjung.
UMKM dapat memasarkan produk kepada warga diluar wilayah tanpa harus mendatangi satu persatu wilayah lain,” Pungkasnya.

(Abie).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *