Wujud Toleransi Antar Umat Beragama Di Bali, Danlanal Denpasar Hadiri Upacara Piodalan Pura Lanal Denpasar

  • Whatsapp
Img 20240325 Wa0005

DENPASAR, Nusantaraabadinews.com – Piodalan atau odalan merupakan salah satu upacara peringatan suci yang dirayakan oleh umat Hindu di Bali. Piodalan sendiri berasal dari kata “wedal” yang berarti keluar atau lahir. Sehingga, piodalan atau odalan dimaknai sebagai hari peringatan berdirinya sebuah bangunan suci atau pura dimana upacara tersebut dilaksanakan dalam bentuk persembahan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa beserta seluruh manifestasinya. (24/03/2024)

Dalam rangka mewujudkan toleransi antar umat beragama di Provinsi Bali, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Endra Kusuma, S.T., M. Tr. Opsla., M.Han., didampingi Perwira Staf Lanal Denpasar dan masyarakat sekitar menghadiri upacara Piodalan Pura Amerta Buana Lanal Denpasar Tahun 2024 yang jatuh pada Hari Suci Purnama Kedasa (10).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Danlanal Denpasar mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Piodalan Pura Lanal Denpasar, semoga diberkati keselamatan, kesuksesan, kesejahteraan, dan kedamaian seluruh keluarga besar Lanal Denpasar.

Img 20240325 Wa0006

“Dengan berkumpulnya kita semua pada kegiatan yang sakral ini sekaligus kita melaksanakan buka puasa bersama, ini merupakan wujud toleransi. Semoga toleransi antar umat beragama di Lanal Denpasar tetap terjaga sebagaimana Lanal Denpasar terdiri dari bermacam agama, suku dan budaya,” ucap Danlanal Denpasar.

Dalam pelaksanaannya persembahyangan Piodalan di Pura Amerta Buana Lanal Denpasar dipimpin oleh Ratu Peranda Griya Gede Made Pengiasan dan diikuti seluruh Personel dan Keluarga Lanal Denpasar yang beragama Hindu. Kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama seluruh anggota dan masyarakat sekitar yang hadir pada acara tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan upacara piodalan antara lain Dan KRI Pollux – 935, Seluruh Perwira Lanal Denpasar, Wakil Ketua dan Pengurus Cabang 10 Korcab V DJA II, Personel dan Keluarga Lanal Denpasar yang beragama Hindu serta masyarakat sekitar Lanal Denpasar. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *