Dankodiklatal Hadiri Launching dan Bedah Buku “Diplomasi Sang Hiu Kencana”

  • Whatsapp
Img 20240420 Wa0035

SURABAYA, Nusantaraabadinews.com – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Launching dan Bedah Buku yang berjudul, “Diplomasi Sang Hiu Kencana” karya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Hanggar Kapal Selam Komando Armada (Koarmada) II, Ujung Surabaya. Sabtu,(20/04/2024).

Peranan TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang memiliki pengaruh besar terhadap diplomasi antar negara berhasil diwujudkan oleh Kasal saat ini yaitu Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Atas dedikasinya terhadap perdamaian dan kemakmuran di wilayah perairan yang telah membuatnya menjadi salah satu tokoh yang dihormati dalam arena diplomasi internasional tersebut, sehingga akhirnya tercitpa sebuah mahakarya berupa buku berjudul “Diplomasi Sang Hiu Kencana”.

Bacaan Lainnya

Buku ini membahas mengenai sosok Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, dimana beliau dikenal sebagai figur yang mengadvokasi berbagai kerjasama baik regional maupun internasional dalam menjaga stabilitas di laut. Dalam peranannya tersebut, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali secara konsisten mempromosikan dialog, kerja sama, dan penyelesaian konflik secara damai di wilayah maritim.

Img 20240420 Wa0034

Dalam konteks diplomasi maritim, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali juga menjadi pelopor dalam membangun hubungan yang baik dengan berbagai negara non-maritim. Beliau memahami pentingnya menjalin kemitraan strategis dengan negara-negara yang memiliki kepentingan ekonomi dan politik di wilayah perairan. Melalui diplomasi yang bijaksana, beliau berhasil membawa hasil-hasil yang positif dalam memperluas jaringan kerja sama internasional di sektor maritim.

Beberapa contoh keberhasilan Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam melaksanakan diplomasi maritim adalah mengirim KRI Diponegoro-365 untuk menjalankan operasi perdamaian dunia yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL TA 2024 dan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada korban konflik Gaza yang disalurkan oleh KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 dalam Satgas Port Visit Mesir 2024.

Selain itu, keberhasilan diplomasi TNI AL dapat dilihat saat menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), IMSS 2023 dan 5 th International Maritime Security Symposium (IMSS) 2023 yang melibatkan berbagai negara, dimana melalui kegiatan tersebut berbagai negara dapat saling bekerja sama, berbagi ilmu dan pengalaman serta berkomunikasi, sehingga meningkatkan saling pengertian dan rasa percaya.

Sementara itu, selaku pembedah buku kali ini yaitu Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Jonni Mahroza dan Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro.

Dalam acara ini turut dihadiri para sesepuh Kapal Selam seperti Mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Soeparno dan Mantan Pangarmatim Laksda TNI (Purn) Darwanto, serta nampak hadir Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Periode 2014-2015 Prof. Dwisuryo Indroyono Soesilo, para pejabat Mabesal dan Pangkotama TNI AL, maupun Rektor dan Akademisi dari Kampus terkemuka di tanah air. (NoviSH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *